Kecamatan Damai Gelar Festival Sarut

SENDAWAR – Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) memggelar festival Sarut ” Kiai Panei Penguntei Lawei” selama tiga hari sejak 3 – 05 Agustus. Kegiatan  dirangkai dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Damai ke 136 tahun 2023   di Kampung Damai Kota, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Kamis (03/8/2023).

Festival Sarut ini diikuti  dua belas kampung yang ada di kecamatan Damai antara lain, Kelompok Kiai Panei Penguntei Lawei, Kampung Damai Kota, Damai Sebrang, Muara Bomboy, Sempant, Mendika, Benung, Muara Nyahing, Besiq, Muara Niliq, Mantar dan Bermai.

Ketua panitia Yono Rustanto menyampaikan,  berbagai kegiatan olahraga tradisional seperti menyumpit, begasing, belogo ikut meramaikan. Sementara balap ketinting  tidak bisa terlaksana karena faktor alam yang mengalami kemarau. Turut ditampilkan parade 23 kelompok Sarut kecamatan serta kampung binaan dari Kiai Panei Penguntei Lawei. Tampil juga tarian kolosal dari SD, SMP dan SMA, stan pameran, kegiatan seni dan budaya.

“Kami akan mengagendakan secara rutin Festival Sarut ini kedepan nya,” ujarnya.

Sementara itu sponsor utama kegitana Festival Sarut, Kiai Panei Penguntei Lawei, PT Trubaindo Coal Mining (TCM) & Bharinto Ekatama (BEK) melalui managementnya Wahyu Harjanto mengatakan, kerajinan Sarut ini merupakan budaya lokal harus dilestarikan,. Nantinya kerajinan budaya lokal yang seperti ini yang bisa dikenalkan le khalayak ramai. Daerah ini mempunyai kearifan lokal yaitu kain tenun Ulap Sarut. Menurutnya, seseorang memakai kain tenunan Sarut akan terlihat mempunyai aura yang berbeda. Seolah-olah kain Sarut ini bisa mengubah aura seseorang.

“Ini bisa kita tunjukkan ked unia bahwa  Kutai Barat mempunyai budaya kearifan lokal yaitu kain Sarut yang ada di Kecamatan Damai,” ujarnya.

Ia berharap Festival Sarut ini bisa diikutkan di event event nasional bahkan ke dunia. PT. TCM & BEK akan selalu mendukung dan berkontribusi dalam kegiatan ini. Kecamatan Damai sendiri merupakan binaan dari CSR dalam program community diflopmen PT. TCM & BEK. Ia berpesan kepada semua kelompok pengrajin Sarut di kecamatan Damai untuk lebih berinovasi lagi agar bisa menarik wisatawan baik di dalam maupun dari luar manca negara.

“Kami akan selalu mendukung dan mensupport budaya kearifan lokal,” bebernya.

Sementara itu Bupati Kubar FX. Yapan menyampaikan selamat hari jadi Kecamatan Damai ke 136 tahun. Semoga melalui momen ini Kecamatan Damai lebih maju dan mandiri untuk mewujudkan masyarakat nya yang lebih Sejahtera.

Ia mengucapkan rasa syukur dan bangga atas apa yang di capai oleh Kecamatan Damai. Melalui momentum ini dapat dimaknai capaian pencapaian pembangunan secara fisik maupun kualitas SDM. Festival Sarut “Kiai Panei Penguntei Lawei” menunjukkan betapa kayanya kearifan lokal yang di miliki Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Banyak perubahan perubahan yang menjadikan Kecamatan Damai lebih baik, unggul dan sejahtera dari awal terbentuk hingga saat ini,” tuturnya. (arf)

Sumber : https://vivaborneo.com/08/kecamatan-damai-gelar-festival-sarut/

Kecamatan Damai

Damai Kota, Kec. Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur 75775

email : damai@kutaibaratkab.go.id

Powered By :

Statistik Pengunjung